Fokus Atasi Masalah TKI, Dhamantra Centre – Korsel Teken MoU

Home  »  Aktivitas Kami  »  Berita Tentang Kami  »  Fokus Atasi Masalah TKI, Dhamantra Centre – Korsel Teken MoU
Mar 25, 2015 No Comments ›› admin

Dhamantra-prof4RIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Yayasan Damantra Centre yang dipimpin anggota DPR RI asal Bali, Nyoman Dhamantra menjalin kerjasama dengan Public Welfare Commitee asal Korea Selatan.

Kerjasama akan fokus dalam penanganan masalah tenaga kerja, baik TKI yang bekerja di Korea Selatan maupun sebaliknya. Kerjasama dituangkan dalam berkas MoU kedua yayasan yang ditandatangani, Rabu (25/3/2015) di sekretariat Dhamantra Centre Jalan Kenyeri No 15 Denpasar, Bali.

Penandatanganan dilakukan oleh Nyoman Dhamatra dan Roh Cul Rae selaku head public welfare commitee. Sejumlah anggota DPRD dari PDIP turut hadir menyaksikan penandatanganan.

Usai penandatanganan, Dhamantra mengatakan, public welfare commitee adalah yayasan yang dimiliki partai berkuasa di Korea Selatan. Kerjasama ini berawal dari diskusi panjang mengenai kondisi TKI di Korea Selatan yang jumlahnya mencapai 50 ribu orang, termasuk dari Bali. Banyak masalah yang dialami TKI di sana. Antara lain masalah administrasi ketenagakerjaan, kualitas SDM dan persoalan ketenagakerjaan lainnya. Dari diskusi itu lalu meningkat menjadi kerjasama untuk mencari terobosan terhadap penyelesaian masalah.

Apalagi di tengah isu Masyarakat Ekonomi ASEAN yang kini menjadi strategis di kawasan Asia bahkan dunia. Diharapkan, nantinya ada advokasi bersama terhadap kasus-kasus yang menimpa tenaga kerja kedua negara.

“Kerjasama ini berawal dari adanya pemikiran bagaimana mencari solusi atas masalah tenaga kerja Indonesia di Korea dan sebaliknya, mencari solusi yang dialami tenaga kerja Korea yang ada di Indonesia,” kata Dhamantra.

Nantinya, kerjasama akan dikembangkan lebih luas ke masalah pendidikan, kesejahteraan sosial, ekonomi, pelestarian lingkungan dan infrastruktur. Korea yang masuk kategori negara maju di Asia, diharapkan dapat memberikan konstribusi pengalaman dan informasi tentang upaya pengentasan kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Secara teknis, nanti akan ada pembicaraan lebih lanjut mengenai detail program dan kerjasama yang dilakukan. “Untuk detail program akan dibahas lebih lanjut setelah pendatanganan kerja sama ini,” pungkas Dhamantra.

Sementara head public welfare commitee Roh Cul Rae mengatakan, kehadirannya ke Bali atas undangan Dhamantra Centre untuk menjalin diskusi dan kerjasama dalam mencari solusi atas permasalahan kedua negara. Baik masalah kemiskinan, ketenagakerjaan dan isu sosial lainnya.

Public welfare commitee akan berupaya maksimal untuk berbagi informasi, pengetahuan dan transfer ilmu dengan Dhamantra Center. Terutama untuk mengatasi banyaknya masalah terkait tenaga kerja asal Indonesia di Korea. Koordinasi akan dilakukan secara langsung dengan Dhamantra Centre.

“Kami siap memberikan ilmu untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia, baik di bidang kesehatan, broadcast, teknologi dan pengembangan infrastruktur,” ujar Roh Cul Rae. (*)


Leave a Reply