Komisi VI DPR RI Dukung Kerjasama Mobnas Proton

Home  »  ParlemenNews  »  Komisi VI DPR RI Dukung Kerjasama Mobnas Proton
Feb 9, 2015 No Comments ›› admin

Dhamantra20SOROTnews.com – Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Dhamantra Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, mendukung kerja sama mengembangkan mobil nasional (Mobnas) antara perusahaan otomotif Malaysia-Proton dan Indonesia. Dhamantra menilai kerjasama ini untuk kepentingan nasional.

“Saya berharap dengan adanya kerjasama antara Proton dengan Indonesia, sumber daya alam dan sumber daya manusia akan terserap,” ujar Dhamantra, di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (9/2/2015).

Menurut Dhamantra, kerjasama serupa seharusnya sudah dapat dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pasar Indonesia sangat luas, bahwa menjadikan mobnas dengan teknologi yang diimpor, tidak mobil yang diimpor, hal itu sangat bagus. Artinya bahan baku, dan sumberdaya manusia terserap. “Kalau Proton mau dikembangkan di Indonesia, kita dapat manfaatkan teknologi dan sistemnya, tapi pengerjaan dan seluruh komponen di Indonesia. Hal ini lebih baik dibandingkan seluruh komponen di impor dan hanya perakitannya saja di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diberitakan, produsen mobil nasional Malaysia, Proton, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Adiperkasa Citra Lestari (Adiperkasa) untuk membantu Indonesia belajar membangun, mengembangkan, dan memproduksi mobil nasional (mobnas).

Penandatanganan MoU itu disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (6/2). Kehadiran Jokowi mengindikasikan dukungan pengembangan mobnas Indonesia oleh Proton.

Dalam sebuah pernyataan, Proton mengatakan bahwa kedua perusahaan akan melakukan studi kelayakan dan menjalani kerja sama dalam proyek mobnas di Indonesia. Jika penelitian menunjukkan proyek ini layak, maka perusahaan akan menandatangani perjanjian usaha patungan. (*)


Leave a Reply